Senin, 09 Mei 2011

Sistim Koordinat AUTOCAD 2002


Sistem koordinat di dalam AUTOCAD menggunakan 2 jenis, yaitu World Coordinate System (WCS) dan User Coordinate System (UCS). yang dipakai oleh AUTOCAD sebagai default adalah WCS ( World Coordinat Sistem), yaitu sistim koordinat dengan sumbu X, Y, Z di mana masing-masing sumbu koordinat tersebut berpotongan di titik (0,0) atau titik origin, arah positif dari masing-masing sumbu tersebut dinyatakan oleh arah anak panah.  sedangkan UCS adalah sistem koordinat yang dikhususkan untuk pengguna dan bisa diubah posisi titik origin (0,0,0) sesuai dengan perintah pengguna. Sistim ini mempermudah dalam penggambaran 3D.
Ada beberapa macam perintah sistem koordinat AutoCAD 2002 antara lain yaitu,
CARTESIAN
Koordinat cartesian dapat digunakan untuk objek dua dimensi ( 2D) maupun tiga dimensi    ( 3D). Koordinat cartesian berpedoman pada sumbu x, y, z.  Yaitu sebagai berikut :
( x ),( y ) dan ( x ), ( y ), ( z )

POLAR
Koordinat polar hanya dapat digunakan pada objek dua dimensi. Koordinat polar digunakan untuk menentukan suatu titik dengan menggabungkan jarak dan sudut. Yaitu sebagai berikut :
( jarak ) < ( sudut ) 

RELATIVE
Koordinat relative merupakan sistem koordinat yang beracuan pada titik akhir dari suatu objek yang sudah dibuat. Dalam pemakaian koordinat relative digunakan bantuan simbol @ yaitu sebagai berikut
           @ (X),(y) =untuk objek 2D dan berkoordinat cartesian 
           @ (jarak) < (sudut) = untuk objek 2D dan berkoordinat polar

Lanjutkan ke materi (Baca: mengenal sistim satuan) ato (awal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar