Dalam pembuatan model galon air mineral seperti gambar diatas tahap – tahap yang dilakukan
adalah sebagai berikut
1) Pline : digunakan untuk pembuatan model dalam 2D
2) Fillet : digunakan untuk melengkungkan ujung2 dari sebuah objek
3) Untuk membuat kurva 2D menjadi satu kesatuan ketik BO sehingga muncul kotak dialog seperti dibawah,
atur dialog dalam kotak seperti gambar kemudian pilih pick point, sehingga muncul gambar
4) SURFTAB : Untuk mengatur tingkat kehalusan polygon 3D
5) REVOLVED : memutar kurva 2D berdasarkan sumbu putar untuk membentuk objek 3D
sehingga terbentuk gambar object 3D seperti dibawah
6) Membuat lantai: pilih VIEWPORT TOP VIEW langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
- buat bidang dengan perintah rectangular disesuaikan dengan gambar dibawah
- Langkah berikutnya ketik perintah EXT untuk memberikan ketebalan berikan ketebalan 0,01
7) Material object : mengatur pemberian material sehingga object menjadi real, disini merupakan tahap terpenting dari permodelan dengan AUTOCAD 3D sehingga untuk mendapatkan hasil render yang sesuai dengan keinginan kita diperlukan trial/coba2
- Material galon
langkah 2. MATERIAL LIBRARY > BLUE GLASS > IMPORT MATERIAL
langkah 3. Pilih dialog BLUE GLASS > ATTACHED >klik pada objek galon
Klik OK
- Material lantai : Langkah 1 buka material pilih bitmap WHITEBRICK kedalam komputer anda Langkah 2 VIEW > RENDER > MATERIAL > NEW beri nama pada kotak material name kemudian pilih FIND FILE
Langkah 5 : buka gambar yang telah anda simpan tadi kemudian OK
Langkah 6 : atur bitmap dengan memilih dialog adjust bitmap, dan atur
Seperti gambar dibawah lalu OK
Langkah 6 ATTACH material lantai ke object lantai
- Memodifikasi material standar Langkah 1 pilih dialog blue glass pada kotak dialog material Langkah 2 setelah muncul tampilan seperti pada gambar dibawah, untuk memberikan efek transparan pada object pilih dialog transparancy, ubah value menjadi 80 > OK
8) LIGHTING : mengatur pencahayaan pada object sesuai dengan sudut pandang kita
Sebelumnya pilih view menjadi top view
Langkah 1 VIEW > RENDER > LIGHT
Langkah 2 pilih dialog New > beri nama untuk Light yang baru > atur intensitas cahaya > aktifkan dialog shadow on
Langkah 3 mengatur ketinggian cahaya
Ketik perintah MOVE > pilih object cahaya > pilih base poit pada objek cahaya > ketik elevasi ketinggian @ 0,2.5,0 enter, Masuk ke SE isometric view untuk melihat persepektif object.
9)Mengatur persepektif /mengatur sudut pandang
Ikuti langkah2 pada kotak dialog dibawah ini
sehingga muncul dialog
10) Mengatur jarak sudut pandang
ikuti langkah2 berikut
ENTER
11) Mengatur letak gambar
Ikuti dialog dibawah dan atur posisi gambar seperti pada gambar
ENTER 2 kali > generating model
12) Render
12) Render
Langkah 1 : VIEW > RENDER > RENDER
Langkah 2 : Atur kotak dialog mengikuti gambar dibawah
Langkah 3 : untuk menghasilkan hasil render yang sempurna pilih dialog MORE
OPTION > OK, atur dialog sesuai dengan gambar dibawah setelah itu klik OK
Langkah 2 : Atur kotak dialog mengikuti gambar dibawah
Langkah 3 : untuk menghasilkan hasil render yang sempurna pilih dialog MORE
OPTION > OK, atur dialog sesuai dengan gambar dibawah setelah itu klik OK
(catatan : penggunaan/ pengaturan ini mengakibatkan bertambahnya waktu rendering, sehingga untuk mengahsilkan kecepatan rendering diperlukan perangkat komputer dengan spesifikasi High, sehingga kualitas rendering dapat diatur sesuai dengan kemampuan
komputer)
Langkah 4 : Render
Hasilnya adalah seperti gambar dibawah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar