Senin, 05 April 2021

BELAJAR AUTOCAD 3D MEMBUAT GALON


Dalam pembuatan model galon air mineral seperti gambar diatas tahap – tahap yang dilakukan
adalah sebagai berikut
1)  Pline : digunakan untuk pembuatan model dalam 2D


2)  Fillet : digunakan untuk melengkungkan ujung2 dari sebuah objek 


3) Untuk membuat kurva 2D menjadi satu kesatuan ketik BO sehingga muncul   kotak dialog seperti dibawah,



atur dialog dalam kotak seperti gambar kemudian pilih pick point, sehingga muncul   gambar


 
4)  SURFTAB : Untuk mengatur tingkat kehalusan polygon 3D
 


5)  REVOLVED : memutar kurva 2D berdasarkan sumbu putar untuk membentuk objek 3D




sehingga terbentuk gambar object 3D seperti dibawah




6)  Membuat lantai: pilih VIEWPORT TOP VIEW langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
  1. buat bidang dengan perintah rectangular disesuaikan dengan  gambar dibawah 
  2. Langkah berikutnya ketik perintah EXT untuk memberikan ketebalan berikan  ketebalan 0,01




7)  Material object : mengatur pemberian material sehingga object menjadi real, disini merupakan tahap terpenting dari permodelan dengan AUTOCAD 3D sehingga untuk mendapatkan hasil render yang sesuai dengan keinginan kita diperlukan trial/coba2
  •    Material galon
         langkah  1. VIEW > RENDER > MATERIAL
         langkah  2. MATERIAL LIBRARY > BLUE GLASS > IMPORT MATERIAL
         langkah  3. Pilih dialog BLUE GLASS > ATTACHED >klik pada objek galon
         Klik OK




  •     Material lantai :                                                                         Langkah 1 buka material pilih bitmap WHITEBRICK kedalam komputer anda                                                                                          Langkah 2 VIEW > RENDER > MATERIAL > NEW                                  beri nama pada kotak material name kemudian pilih  FIND FILE




         Langkah 5 : buka gambar yang telah anda simpan tadi kemudian OK
         Langkah 6 : atur bitmap dengan memilih dialog  adjust bitmap, dan atur
         Seperti gambar dibawah lalu OK


        Langkah 6 ATTACH material lantai ke object lantai


  •   Memodifikasi material standar                                                          Langkah 1   pilih dialog blue glass pada kotak dialog material          Langkah 2 setelah muncul tampilan seperti pada gambar dibawah, untuk memberikan efek transparan pada object pilih dialog transparancy, ubah value menjadi 80 > OK




8) LIGHTING : mengatur pencahayaan pada object sesuai dengan sudut pandang kita
Sebelumnya pilih view menjadi top view


Langkah 1 VIEW > RENDER > LIGHT


     
Langkah 2 pilih dialog New > beri nama untuk Light yang baru > atur intensitas cahaya > aktifkan dialog shadow  on






klik modify untuk mengatur letak sumber cahaya atur letak cahaya seperti dalam gambar






Langkah 3 mengatur ketinggian cahaya
Ketik perintah  MOVE > pilih object cahaya > pilih base poit pada objek cahaya > ketik elevasi ketinggian @ 0,2.5,0 enter, Masuk ke SE isometric view untuk melihat persepektif object.



9)Mengatur persepektif /mengatur sudut pandang
Ikuti langkah2 pada kotak dialog dibawah ini


 
     sehingga muncul dialog




10)  Mengatur jarak sudut pandang 


ikuti langkah2  berikut




      ENTER 


11)  Mengatur letak gambar


Ikuti dialog dibawah dan atur posisi gambar seperti pada gambar 

       ENTER 2 kali > generating model


12)  Render 
       Langkah 1 : VIEW > RENDER > RENDER
       Langkah 2 : Atur kotak dialog mengikuti gambar dibawah




Langkah 3 : untuk menghasilkan hasil render yang sempurna pilih dialog MORE
OPTION > OK, atur dialog sesuai dengan gambar dibawah setelah itu klik OK




(catatan : penggunaan/ pengaturan ini mengakibatkan bertambahnya waktu rendering, sehingga untuk mengahsilkan kecepatan rendering diperlukan perangkat komputer dengan spesifikasi High, sehingga kualitas rendering dapat diatur sesuai dengan kemampuan
komputer)

      Langkah 4 : Render
      Hasilnya adalah seperti gambar dibawah

MUDAH BUKAN....SELAMAT MENCOBA 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar